Kamis, 10 Januari 2013

PERINGATAN HKSN TINGKATKAN KESETIAKAWANAN SOSIAL


JAKARTA- Forum Rumah Singgah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan acara bantuan sosial (Baksos) kepada 350 anak jalanan perwakilan anak jalanan dari lima wilayah Jakarta, dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke 64 di Gedung Panti Sosial Insani Bangun Daya (PSIBD) II Cipayung Jakarta Timur, (10/01). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran sosial bagi masyarakat secara umum, dan meningkatkan Kesetiakawanan Sosial bagi pengelola rumah singgah yang merupakan tonggak utama pelayan pilar-pilar sosial kemasyarakatan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, sekaligus memberikan sambutan dan arahan bagi pengurus Forum Rumah Singgah DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Kian Kelana menyampaikan, bahwa peringatan HKSN ini tidak hanya sekadar acara seremonial belaka. "Akan tetapi bagaimana menerjemahkan makna kesetiakawanan sosial nasional dengan wujud nyata seperti kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh forum rumah singgah ini," ujarnya. 

Kesetiakawanan sosial itu sendiri, sambungnya, merupakan tumbuhnya kesadaran masyarakat, pemerintah, stakeholder, setiap komponin bangsa dalam menyambung rasa solidaritas, kepedulian dan partisipasi secara nyata dalam menanggulangi serta memberikan problem solving terhadap permasalahan sosial terutama yang berhubungan dengan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang ada di DKI Jakarta. "Marilah kita semua terus menerus berupaya dan meningkatkan kepedulian kita dari permasalah yang terdekat sesuai kemampuan dan kapasitas yang kita miliki" ujarnya.

Peringatan HKSN tersbut dihadiri juga oleh Agung Dwi Purnomo, Kepala PKBL PT. Sucofindo, sebagai donatur acara peringatan HKSN di atas. Dalam sambutannya mengatakan, Seandainya semua lapisan masyarakat mempunyai pemahaman yang sama tentang permasalahan sosial yang sedang dihadapi, maka “tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Kepedulian bersama adalah kunci terurainya setiap masalah yang ada”. Katanya.

Yaya Wahyudin selaku ketua panitia pada acara Bakti Sosial HKSN 2012 tersebut menyampaikan bahwa, Sudah saatnya rumah singgah bersama-sama dengan masyarakat secara luas berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan PMKS jalanan demi terwujudnya Jakarta  yang ramah, aman, tertip, terbebas dari PMKS jalanan. Setiap persalahan kesejhateraan sosial membutuhkan senergitas semua unsur agar setiap jengkal permasalahan yang ada, dapat terpecahkan menuju masyarakat yang sejahtera dan bermartabat. Sambung Ketua Forum Rumah Singgah DKI Jakarta, Agusman Aks.

Kegiatan peringatan HKSN ini juga sebagai wujud nyata dari peran Forum Rumah Singgah DKI sebagai media komunikasi dan brainstorming dalam mencari problem solving terhadap semua permasalahan yang berhubungan dengan kesejahteraan sosial masyarakat. Dengan terselenggaranya acara ini, mudah-mudahan rumah singgah tetap menjadi pelecut semangat semua kalangan untuk peduli terhadap permasalahan sosial terutama permasalahan anak jalanan. Endang Mintarja, Sekretaris Forum, mengatakan. asm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar