Rabu, 19 Juni 2013

CHARACTER BUILDING UNTUK ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK JALANAN (PKSA)


BOGOR- Anak jalanan merupakan anak yang mempunyai ciri khusus dengan segala ragam keunikannya. Seperti layaknya anak yang hidup secara normal, mereka juga mempunyai kemampuan luar biasa yang tersimpan dalam dirinya. Disadari atau tidak banyak sekali keunikan-keunikan dengan potensi besar yang dimiliki oleh anak jalanan. Kemandirian, solodaritas, empati, cinta, survive, kreatif, adalah sederet bakat yang terpendam dalam jiwa yang sedang bergelora pada setiap pribadi-pribadi anak jalanan. Tentu saja masih banyak lagi kamampuan dan bakat yang terdapat dalam setiap diri mereka, seperti jiwa sosial tinggi dan perinsip hidup yang kuat.

Semua kemampuan yang tersembunyi tersebut, tidak mungkin dapat tergali secara maksimal oleh mereka, tanpa adanaya stimulasi dan perhatian yang serius dari pihak-pihak yang berhubungan erat dengan kehidupan sehar-hari mereka. Oleh karena itu Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pengelola Rumah Singgah DKI Jakarta mengadakan kegiatan Character Building untuk Anak Jalanan, dengan tujuan setiap potensi yang ada pada diri anak jalanan dapat teraktualisasi secara positif dalam kehidupannya menuju masa depan yang gemilang dan sejahtera.

Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Pesona, Kampung Cimande, Sukabumi, dengan jumlah peserta 80 orang, utusan dari beberapa rumah singgah di DKI Jakarta (19/6). Acara dibuka oleh Ucu Rahayu, Kepala Bidang Yanrehsos Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Dalam sambutannya Ucu Rahayu mengajak anak-anak untuk terus bersemangat dalam menjalani hidup. “Kalian adalah anak-anak yang paling beruntung, dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang belum tentu mendapatkan kesempatan yang sama dengan anak-anaku dapatkan hari ini. Masih banyak ribuan anak yang berstatus sama dengan anakku sekalian yang tidak dapat pendidikan dan pembinaan seperti ini”. Ungkapnya penuh kasih sayang.

Dengan adanya kegiatan Charakter Buliding dengan tajuk The Secret of Soul Power, outbond, motivation, leadership, rafting, dan gathering ini, ibu berharap banyak ilmu, pengalaman, dan manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan yang secara khusus diadakan untuk anak-anakku sekalian. sambung ibu Kabid, beliau biasa dipanggil oleh bawahannya. Kegiatan ini juga diisi dengan ceramah keagamaan untuk memperkuat mental spiritual anak, dan motivasi hidup dengan metode succes story anak yang berhasil lepas dari kehidupan jalanan, serta mampu meraih prestasi.

Acara Character Building untuk anak jalanan ini penuh dengan suasana kekerabatan dan kekeluargaan. Vivi Kafilatul Jannah, Kasi Yanrehsos Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan. Memamg sangat tidak mudah membina sikap disiplin bagi anak jalanan. Namun demikian demi kepentingan masa depan anak yang lebih baik, kita semua harus mampu bersabar dan terus berikhtiar dalam membina aset bangsa ini. Ujarnya. Kegiatan seperti ini mestinya sering dilakukan melihat manfaat dan pengaruh yang luar biasa bagi anak-anak yang selama ini beraktifitas dijalanan. Ali Santoso, pendamping dari Wilayah Jakarta Selatan, mengungkapkan. Kegiatan kerjasama dan persahabatan antara anak dari lembaga yang satu dengan lembaga lainnya sangat membantu anak dalam mebangun jiwa kekeluargan, sambungnya.

Menurut penuturan peserta kegiatan Character Building untuk anak jalanan, yang bernama Antoni Arief, peserta dari Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi, Acaranya sangat berkesan dan menghibur, bisa menghilangkan stres, penat dalam mengarungi kehidupan di Ibukota. Tapi yang paling berkesan dan tidak dapat dilupakan dalam acara ini gigi saya patah. Ujarnya bersemangat. ASM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar